Ini 5 Contoh Usaha Mandiri Dengan Modal Kecil Untung Besar

Contoh usaha mandiri

Sekarang ini sudah cukup banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk membuka bisnis sendiri ketimbang menjadi pegawai di perusahaan orang. Ada banyak alasan, salah satunya adalah karena ingin memiliki kontrol lebih baik terhadap waktu dan finansial mereka.

Ada banyak jenis bisnis yang dijalankan, mulai dari bisnis kecil-kecilan hingga bisnis berskala besar. Usaha mandiri adalah sebuah bisnis yang bisa dikerjakan sendiri dari rumah tanpa harus tergantung pada orang lain. Walaupun modal Anda termasuk kecil, Anda tetap bisa menjalankan usaha mandiri ini.

Di jaman digital seperti sekarang ini, cukup mudah untuk menjual produk melalui internet. Ada banyak sekali bisnis rumahan yang memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk mereka. Jika Anda serius menjalankan sebuah peluang usaha dengan modal kecil, maka Anda bisa memulainya dari hal-hal yang sederhana, misalnya usaha rumahan.

Di bawah ini adalah beberapa contoh peluang usaha dengan modal kecil yang menguntungkan dan bisa Anda coba:

1. Menjalankan Bisnis Jual Keripik Bayam

Membuat kuliner keripik bayam adalah salah satu usaha mandiri yang bisa dikerjakan dengan modal kecil. Keripik bayam cukup banyak peminatnya, bila Anda bisa memasarkannya dengan baik, tentu saja bisnis kecil-kecilan ini bisa sangat menguntungkan walaupun modalnya minim.

Biasanya, untuk menjalankan bisnis jual keripik bayam ini membutuhkan modal awal sekitar Rp 500 ribu saja. Anda bisa membuat sendiri keripik bayam tersebut lalu menitipkannya di warung atau toko. Dengan harga yang terbilang murah (Rp 2000 an, tergantung cara mengemasnya) keripik bayam ini biasanya cukup cepat habis terjual.

Selain melalui warung-warung dan toko, proses pemasaran keripik bayam ini bisa dilakukan dengan bantuan internet dan ponsel. Jika dilakukan dengan benar, pemasaran dengan bantuan teknologi akan menjangkau lebih banyak calon pembeli.

2. Menjalankan Bisnis Jual Kue Kering

Bisnis mandiri yang satu ini sangat cocok dikerjakan oleh mereka yang suka dengan dunia kuliner, khususnya kue kering. Kue kering biasanya sangat banyak pembelinya di hari-hari tertentu, misalnya menjelang lebaran, natal, dan tahun baru. Nah di momen ini lah biasanya penjualan kue kering mengalami lonjakan yang sangat besar.

Modal awal untuk memulai bisnis jual kue kering terhitung cukup murah. Anda bisa membuatnya sendiri dengan resep yang Anda ketahui atau resep yang dipelajari dari buku-buku cara membuat kue kering. Sedangkan untuk proses pemasarannya, Anda bisa menggunakan media sosial, marketplace, atau promosi ke teman-teman Anda.

3. Menjalankan Bisnis Jual Gorengan

Indonesia terkenal dengan kulinernya, dan gorengan adalah salah satu camilan yang sangat digemari di Indonesia. Inilah alasan kenapa bisnis jual gorengan banyak kita temui di mana-mana. Pangsa pasarnya pun cukup luas, berbagai kalangan masyarakat Indonesia menyukai gorengan.

Untuk memulai bisnis jual gorengan tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan modal yang relatif kecil, Anda bisa memulai bisnis ini dan mendapatkan untung. Bisa dibilang bisnis jual gorengan ini tidak punya resiko besar, karena modalnya pun kecil. Tapi bukan berarti bisnis ini bisa diremehkan, karena terbukti bahwa bisnis jual gorengan bisa memberikan keuntungan yang besar.

4. Menjalankan Bisnis Online dari Rumah

Saat ini bisnis online sudah tidak asing lagi di Indonesia. Ada banyak sekali orang yang sudah berhasil mendapatkan keuntungan berlipat dari berbisnis di internet. Jenis bisnis di internet pun ternyata sangat beragam, Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kemampuan dan minat.

Beberapa bisnis online yang banyak dijalankan orang adalah:

  • Jualan online (jual produk orang lain maupun produk sendiri)
  • Blogging (membangun blog yang banyak visitornya)
  • Jual jasa online (menjual keahlian melalui media internet)
  • Bisnis forex (jual beli mata uang asing)

Bisnis online memang terbukti bisa dijalankan dengan modal kecil, dan potensi keuntungannya pun tidak terbatas. Namun, agar bisa sukses di bisnis online maka Anda harus punya pengetahuan yang mumpuni mengenai bisnis ini. Jangan mudah terpengaruh dengan iming-iming bisnis cepat kaya di internet karna faktanya semua bisnis itu membutuhkan proses untuk bisa sukses, termasuk di bisnis online.

5. Menjalankan Bisnis Membuat dan Menjual Aksesoris

Bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang punya keahlian dalam membuat pernak-pernik atau aksesoris. Berapa aksesoris yang banyak peminatnya diantaranya adalah baju sablon, kalung unik, gelang, topi, sendal unik, pita rambut, dan lain sebagainya.

Biasanya target market yang paling banyak di bisnis ini adalah para wanita karena memang wanita sangat suka dengan aksesoris. Selain itu, wanita terkenal sangat mudah mengeluarkan uang untuk sesuatu yang mereka sukai. Itulah sebabnya bisnis pernak-pernik ini cukup menggiurkan.

Untuk proses pemasarannya kita bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace yang sudah terkenal, misalnya Facebook, Instagram, Twitter, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa membuat blog atau website khusus untuk menjual produk aksesoris yang Anda pasarkan.

Kesimpulan

Di atas tadi adalah beberapa contoh usaha mandiri dengan modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan. Bagi Anda yang memiliki jiwa wirausaha pasti akan tertantang untuk segera memulai bisnis sendiri. Perlu diingat bahwa proses menjadi seorang wirausahawan itu membutuhkan waktu. Bila Anda serius menjalakan bisnis yang Anda sukai, pada saatnya nanti Anda pasti akan mengecap kesuksesan. Semoga sukses.