Keunggulan dan Kelemahan Serta Harga Cincin Perak Per Gram 2017

cincin tunangan perak

Harga Cincin Perak Per Gram 2017

Perak menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat cincin setelah emas. Penggunaan logam mulia ini disebabkan karena perak mudah dibentuk sehingga tidak menyulitkan untuk membentuk sesuai dengan design yang diinginkan oleh para konsumen. Harga cincin perak per gram 2017 meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan meningkatkannya bahan baku perak yang sekarang menembus angka Rp 10.000-Rp 11.300 per gramnya.

Cincin perak dipilih sebagai salah satu alternatif untuk cincin tunangan ataupun cincin nikah karena sebagian besar pria terutama yang beragama Islam tidak menggunakan cincin emas. Perak yang digunakan untuk membuat cincin adalah jenis perak berkadar 925 dimana 925-nya adalah perak dan 75-nya adalah bahan campuran. Walaupun perak memiliki tingkat kelembutan yang tinggi sehingga mudah untuk dibentuk, namun perhiasan seperti cincin dari bahan perak mudah bengkok atau peyot saat cincin tersebut digunakan sehari-hari ataupun tertentu.

Terdapat beberapa keunggulan dari cincin yang terbuat dari perak, diantaranya yaitu:

  • Cincin mudah dibentuk sehingga jika cincin yang dinginkan tersebut hendak dikecilkan akan lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Karena mudah dibentuk, maka cincin perak juga menjadi pilihan yang tepat jika design dari cincin Anda cukup rumit.
  • Dapat dikombinasikan dengan menggunakan logam yang lainnya.
  • Memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan cincin yang terbuat dari emas.

Akan tetapi, perhiasan dengan harga cincin perak per gram 2017 yang lebih murah dibandingkan dengan harga cincin emas ini, juga memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan. Kekurangan tersebut diantaranya yaitu:

  • Tidak memiliki ketahanan yang cukup baik. Hal ini disebabkan karena perak memiliki tekstur yang lunak dan mudah untuk tergores ataupun berubah bentuk. Sehingga jika digunakan dalam jangka waktu lama dan tidak pernah dilepas, maka bentuknya akan berubah dan diperlukan perbaikan.
  • Warna cincin lebih mudah untuk memudar dibandingkan dengan logam yang lainnya.
  • Lapisan mudah sekali hilang. Misalnya putih mengkilap, high polis, keabu-abuan ataupun lapisan soft satin yang tidak bertahan lama dan dapat meninggalkan bekas jika tergores.