Menikmati Sensasi Alam Jelajah Pulau Kalong

Jika berkunjung ke Pulau Komodo rasanya tidak lengkap bila tidak menilik ke beberapa pulau yang ada di sekitarnya. Selain maskot Komodo yang sudah terkenal di penjuru dunia ini, masih ada satu lagi hewan yang menjadi ciri khas sebuah pulau, yaitu kelelawar. Hewan tersebut dapat Anda jumpai di Pulau Kalong yang eksotis. Jelajah Pulau Kalong memberikan Anda sensasi alam yang sangat luar biasa. Walaupun hanya menikmati pesona alam pulau tersebut dari atas kapal, akan tetapi daya tarik yang dimiliki pulau ini membuat wisatawan selalu ingin berkunjung.Bagi anda yang berwisata dengan travel taman nasional komodo jangan lupa untuk mampir ke pulau tersebut dan menjadikannya destinasi wisata alam anda.

Jika Anda mendengar nama Pulau Kalong, pastinya Anda akan berpikir bahwa pulau tersebut dipenuhi oleh hewan kelelawar atau kalong. Memang benar adanya kalau pulau tersebut menjadi habitat asli dari hewan malam ini dan tidak dihuni oleh manusia. Pulau ini memiliki banyak tanaman bakau yang tertanam rapat dari satu pohon ke pohon lainnya sehingga tidak bisa dimasuki oleh para pengunjung. Konon katanya, di pulau ini juga terdapat beberapa ular phyton yang memangsa kelelawar sehingga tidak dianjurkan untuk jelajah Pulau Kalong masuk ke dalam pulaunya. Namun, jika hanya menepikan kapal Anda di tepi pulau itu tidak apa-apa karena belum ada cerita tentang ular phyton yang mengganggu pengunjung yang sedang berada di atas kapal.

Jika Anda ingin berkunjung ke pulau ini, sebaiknya jangan pada saat siang hari, karena Anda hanya akan disuguhkan para kalong yang sedang tidur bergelantung di pohon saja. Akan tetapi, datanglah pada saat petang atau waktu matahari terbenam, yaitu sekitar pukul 18.00 WITA. Karena Anda akan melihat pemandangan yang khas dari pulau ini, yaitu segerombolan kelelawar yang terbang dengan mengeluarkan suara yang bergemuruh dan berlatar langit yang berwarna jingga menuju Labuan Bajo dan daerah sekitar. Banyak yang mengatakan jika jelajah Pulau Kalong kurang lengkap jika tidak menyaksikan pemandangan khas ini karena sensasi alam yang dimiliki pulau ini tidak bisa ditemukan pada pulau lain di Kepulauan Komodo. Pulau ini juga biasa dijadikan tempat menepinya kapal para pengunjung dan bermalam di atas kapal serta melanjutkan perjalanannya keesokan harinya.