Tips Memilih Kayu Yang Baik Untuk Pintu Rumah Minimalis

Pintu rumah menjadi salah satu hal paling penting dalam sebuah rumah. Dengan adanya pintu, sebuah rumah akan jadi lebih aman. Karena, selain sebagai penghubung sekaligus pembatas bagi satu tempat ke tempat lainnya baik itu dalam rumah, namun juga sebagai pembatas antara bagian dalam rumah dengan wilayah luar seperti halaman atau bahkan halaman tetangga.

Dengan fungsinya yang sangat penting, pintu wajib memiliki desain yang baik seperti desain pintu rumah minimalis dan juga wajib terbuat dari bahan-bahan yang bukan hanya kuat namun juga awet. Biasanya pintu rumah terbuat dari kayu, kayu sendiri dipilih karena terbukti memenuhi syarat dalam pembuatan pintu. Nah bagi anda yang sedang dalam tahap renovasi rumah, berikut ini Tips Memilih Kayu Yang Baik Untuk Pintu Rumah Minimalis!

  • Jenis kayu adalah hal pertama yang harus anda perhatikan dalam membuat pintu. Pilih kayu yang kuat, berserat baik, dan juga tahan untuk segala cuaca. Kayu-kayu yang dipilih biasanya adalah jenis kayu jati, merbau, atau kayu besi.
  • Agar kualitas kayu tetap terjaga, anda perlu mengoleskan obat antirayap. Obat antirayap ini bisa disemprotkan pada tanah sebelum fondasi atau pada permukaan kayu.
  • Tekstur kayu merupakan hal penting dalam pemilihan kayu terutama jika digunakan untuk membuat kayu. Kayu berkualitas biasanya bertekstur keras dengan serat merah kecoklatan.
  • Hindari belang pada kayu atau jika anda menemukan garis putih pada kayu. Karena hal ini bisa jadi penyebab munculnya rayap pada kayu anda. Jangan lupa, semprotkan obat anti rayap agar pintu anda tidak cepat lapuk dimakan rayap.

Itu dia tips memilih kayu untuk model pintu rumah minimalis yang bisa anda jadikan acuan sebelum membeli kayu untuk membuat pintu. Tapi, jika anda tidak terlalu pandai dalam memilih kayu, anda bisa membeli kusen jendela dan pintu yang sudah jadi dan banyak tersedia di pasaran. Yang terpenting pastikan kusen jendela dan pintu berasal dari jenis kayu terbaik seperti jati, merbau atau besi.